Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi

Bagi kamu yang baru ingin mulai mendalami dunia blog atau website pasti akan merasa bingung dengan istilah-istilahnya, salah satunya adalah backlink. Faktanya saat ini masih ada banyak pemilik blog maupun website yang tidak tahu apa itu backlink dan bagaiana cara mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi.

Istilah backlink sendiri sering muncul di dalam pembahasan seputar SEO (Search Engine Optimization). Lalu mengapa kamu harus mengerti apa itu backlink dan fungsinya serta harus menerapkannya pada website milikmu. Nah, pada artikel kali ini kita akan mengulas secara mendalam apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas.

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah sebuah link yang di pasang pada suatu website atau blog yang mengarah ke halaman website atau blog milik kita. Selain itu ada juga istilah link building yang artinya adalah membangun backlink berkualita. Ada juga istilah pemberi backlink (external link) dan juga penerima backlink (inbound link).

Jika kamu adalah seorang pemberi backlink maka kamu akan meletakkan sebuah link website atau blog orang lain di dalam website milik kamu. Sedangkan jika kamu adalah penerima backlink itu berarti kamu mendapatkan backlink dari websitepemberi backlink.

Cukup sederhana bukan? Meski begitu backlink sangat berperan penting dalam perkembangan sebuah website atau blog agar mudah di temukan pada mesin pencari.

Lalu Mengapa Backlink itu Penting?

Setelah mengetahui apa itu backlink. Kini saatnya kamu mengetahui mengapa backlink itu penting dan apa manfaatnya bagi perkembangan sebuah website. Di bawah ini sudah ada beberapa alasan mengapa backlink itu penting bagi website.

Google Menemukan Website Kamu Lewat Backlink

Penjelasan mudah mengenai mengapa backlink itu penting adalah karena dari backlink tersebut Google akan menemukan halaman baru kamu yang nantinya akan di tampilkan pada mesin pencari. Mesin pencari Google akan selalu melakukan crawling untuk mencari halaman yang sesuai dengan keyword tertentu.

Sama seperti ketika seseorang melihat peta untuk menemukan lokasi baru. Begitu juga dengan Google yang akan mencari halaman baru melalui backlink. Melakukan crawling untuk kemudian di masukkan pada indeks Google.

Mudahnya coba kamu berpikir tentu akan jauh lebih mudah menemukan lokasi baru yang terhubung degan lokasi lainnya ketimbang mencari lokasi terpenciil yang tidak terhubung dengan lokasi lainnya. Begitu juga dengan website. Website yang tidak mendapatkan backlink sama sekali dari website lain akan lebih sulit di temukan pada mesin pencari Google.

Dari pemahaman di atas maka bisa di simpulkan bahwa semakin banyak website kamu mendapatkan backlink maka akan lebih mudah di temukan pada mesin pencari Google. Namun kamu tetap memperhatikan kualitas dari backlink, tidak boleh asal-asalan dalam memasang backlink. Karena backlink yang kurang berkualitas akan berdampak negatif bagi website kamu.

Backlink Berguna Untuk Menjaga Reputasi Website

Jika ada seseorang yang mencari sesuatu di Google dengan menggunakan keyword tertentu, maka Google akan memberikan hasil pencarian terbaik untuk si pencari. Google tentu hanya akan menampilkan halaman-halaman yang sudah populer saja.

Lalu bagaimana cara Google menentukan apakah halaman tersebut populer atau tidak? Salah satunya adalah menggunakan backlink sebagai indikator popularitas halaman di website. Semakin banyak backlink yang berkualitas masuk ke website kamu maka akan semakin bagus juga reputasi website kamu.

Backlink Meningkatkan Kredibilitas Website

Pada poin sebelumnya sebenarnya sudah di jelaskan kalau backlink menjadi sebuah indikator kepopularitasan dari suatu website di mesin pencari Google.Namun Google tidak hanya menilai backlink dari kualitasnya saja. Google juga menilai backlink di website kamu dari segi relevansinya.

Lalu apa itu backlink yang relevan? Backlink yang relecan adalah backlink yang di dapatkan dari suatu blog atau website yang memiliki pembahasan yang sama dengan website milik kita. Misalnya sebuah perusahaan pembuat perangkat game di katakan mendapatkan backlink yang relvan dari website dengan tema teknologi atau gaming. Jadi dengan begitu perusahaan tersebut bisa di anggap kridibel oleh Google.

Lalu apa jadinya jika perusahaan tersebut malah mendapatkan backlink dari blog atau website yang membahas tentang kesehatan, bisnis atau bahkan kecantikan? Tentu saja Google akan mempertanyakan soal kredibilitas dari perusahaan tersebut apakah sudah kredibel untuk industri game dan sejenisnya.

Backlink Mendatangkan Traffic ke Website

Pada poin sebelumnya sudah di jelaskan bahwa backlink akan memudahkan website kita di temukan pada mesin pencari Google sehingga bisa muncul pada hasil pencarian. Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke website kamu maka akan semakin bagus pula website kamu di mata Google. Kemudian halaman website kamu juga akan mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian.

Selain kamu akan mendapatkan banyak traffic dari mesin pencari Google. kamu juga akan mendapatkan traffic dari link yang kamu pasang pada website pemberi backlink. Apalagi website pemberi backlink tersebut sudah memiliki reputasi baik di Google dan memiliki banyak traffic. Traffic yang di dapat dari website pemberi backlink tersebut juga akan mengarah ke website atau blog milikmu.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Setelah kamu mengetahui apa itu backlink dan mengapa backlink itu penting bagi perkembangan suatu website. Kini saatnya kita mulai pembahasan bagaimana strategi untuk mendapatkan backlink yang berkualitas untuk mendongkrak website kita agar bisa masuk di halaman satu Google.

Bangun Kredibilitas Website

Untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas langkah pertama yang harus di lakukan adalah membangun kredibilitas website kamu terlebih dahulu. Seperti yang sudah di jelaskan pada poin sebelumnya mengenai kualitas outbound link, di mana biasanya website yang memiliki backlink berkualitas hanya akan memberikan backlink ke website atau blog yang memiliki kredibilitas bagus. Oleh sebab itu, penting sekali untuk membangun kredibilitas sebuah website.

Buat Konten yang Lengkap

Bagaimana cara membangun kredibilitas website? Tentu saja jawabannya adalah buat konten yang berkualitas. Pastikan konten yang ada di website kamu lengkap dan mampu memberikan solusi bagi para pembaca. Selain itu pastikan juga konten yang kamu buat sudah solutif.

Sehingga setelah pembaca membaca konten yang ada di website kamu mereka bisa menyelesaikan masalah yang sedang di hadapi. Dengan begitu mereka tidak akan ragu untuk membagikan konten milikmu ke sosial media atau bahkan website milik mereka.

Buat Konten yang Unik

Selain konten yang lengkap dan juga solutif, kamu juga perlu membuat konten yang unik. Jika memungkinkan kamu bisa membuat konten yang belum pernah di buat oleh orang lain. Kamu bisa melakukan studi kasus berdasarkan sudut pandang kamu sendiri. Misalnya saja kamu bisa membuat studi kasus mengenai pelanggan atau bisnis kamu. Dengan konten yang unik bukan tidak mungkin orang lain akan menanamkan link ke website kamu.

Buat Infografi

Terkadang ada beberapa orang yang merasa malas harus membaca paragraf yang panjang. Maka dari itu kamu bisa memanfaatkan infografik. Buatlah infografik supaya orang-orang tertarik untuk membaca artikel di website kamu. Selain itu orang-orang juga lebih mudah dala membagikan infografik karena lebih menarik dan mudah di pahami.

Gunakan Tools Backlink

Empat cara di atas merupakan cara mendapatkan backlink berkualitas secara natural. Konten yang bagus, unik, lengkap dan juga solutif akan memancing orang lain untuk menanamkan link website kamu di website milik mereka. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan backlink gratis.

Meski begitu kamu juga harus menjemput bola agar bisa mendapatkan backlink yang berkualitas. Sebab blog atau website yang mempunyai backlink bagus harus di dekati secara personal agar kita bisa menanamkan backlink di website tersebut.

Untuk bisa mendapatkan blog dan website yang kamu membutuhkan sebuah tools seperti Ahrefs. Sampai saat ini Ahrefs masih jadi tools terbaik untuk mencari backlink berkualitas. Dengan Ahrefs kamu bisa mendapatkan website berkualitas berdasarkan kata kunci yang relevan dengan bisnis milikmu. Selain itu kamu juga bisa melihat kredibilitas website melalui Domain Rating (DR) serta jumlah traffic yang di hasilkan oleh website tersebut.

Gunakan Content Sharing Platform

Kebanyakan orang akan membagikan konten terbaru mereka ke sosial media, hal ini memang harus di lakukan. Tapi tidak hanya ke sosial media saja, agar lebih maksimal kamu juga bisa membagikannya ke berbagai content sharing platform.

Contoh content sharing platform itu seperti Kompasiana, Kaskus, Hipwee, Medium, Reddit, Viva Blog, SlideShare bisa di manfaatkan untuk menanamkan link ke website kamu. Kamu bisa menulis artikel baru di situs tersebut yang masih berkaitan dengan pembahasan konten milikmu, lalu tanamkan link yang kamu inginkan.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan backlink gratis dari situs content sharing platform tersebut. Meskipun backlink yang akan kamu dapat bersifat dofollow namun cara ini patut di coba untuk mempromosikan konten atau website kamu.

Lakukan Guestpost

Guestpost atau Guest Blog adalah istilah ketika kamu menulis sebuah artikel yag tidak akan kamu publikasikan di website kamu melainkan akan di publikasikan di website milik orang lain. Nantinya di dalam artikel tersebut kamu bisa menanamkan link yang akan menuju ke website milik kamu.

Tapi ingat kamu juga harus mencari website atau blog yang memiliki traffic tinggi agar guestpost bisa lebih terasa manfaatnya. Maka dari itu sebelum memasang guestpost ada baiknya kamu mengecek kualitas dari website atau blog tersebut.

Beli di Jasa Backlink Berkualitas

Jika kamu merasa kesulitan dalam mencari backlink yang berkualitas maka kamu bisa membeli lewat jasa backlink berkualitas. Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali jasa backlink dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas yang bagus. Tapi jangan sampai kamu salah pilih, kamu bisa memilih layanan backlink yang sudah terpercaya dan memiliki banyak real testimonials dari para pelanggan.

Kriteria Backlink yang Berkualitas

Kamu tidak boleh asal-asalan dalam memilih backlink, Google tidak hanya menilai backlink dari kualitasnya saja namun juga daru kuantitas backlink juga. Ingat backlink yang tidak berkualitas hanya akan memberikan dampak yang buruk untuk perkembangan website kamu.

Jadi kamu perlu jeli dan teliti dalam memilih backlink yang berkualitas. Lalu apa saja kriteria backlink yang berkualitas itu? Kamu bisa menyimaknya pada pembahasan di bawah ini.

Relevansi

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya kamu harus mendapatkan backlink yang relevan agar bisa memberikan efek yang baik untuk website kamu. Lalu bagaimana cara menentukan website yang relevan dengan website milik kita?.

Pertama kamu bisa membuat skala prioritas website mana yang potensial untuk di tanami backlink. Kamu bisa membuat mengelompokkannya menjadi beberapa kelompok mulai dari sangat relevan, cukup relevan hingga tidak relevan.

Kelompok website yang relevan adalah website yang memang hampir semua isi kontenya masih satu pembahasan dengan website milik kamu. Misalnya saja, kamu memiliki bisnis jualan komputer atau laptop. Maka kamu bisa mencari website relevan yang membahas seputar review gadget termasuk komputer dan laptop.

Sedangkan di kelompok cukup relevan kamu bisa memperluas calon website yang akan di tanami backlink. Kamu bisa mencari blog atau website yang pembahasannya lebih luas, seperti teknologi jadi tidak hanya membahas seputar komputer dan laptop saja.

Lalu yang terakhir apakah kamu tetap bisa menanam backlink di website yang tidak relevan? Jawabannya adalah iya dan tidak. Iya, kamu bisa menanamkan backlinkpada website yang tidak relevan namun dengan syarat website tersebut memiliki traffic, pembahasan yang beragam serta memiliki authority yang tinggi. Namun jika website yang tidak relevan tersebut tidak memenuhi beberapa syarat tadi maka sebaiknya kamu tidak perlu memasang backlink di sana.

Memiliki Authority Tinggi

Relevansi saja tidaklah cukup, kamu juga perlu memastikan website yang aka kamu pasang backlink tersebut memiliki kredibilitas yang bagus serta memiliki pengaruh yang besar. Lalu bagaimana cara memastikan website tersebut memiliki kredibilitas yang bagus? Caranya kamu bisa menggunakan sebuah tools seperti Ahrefs.

Ahrefs mengukur kredibilitas sebuah website berdasarkan skala 1 sampai 100 yang di sebut dengan Domain Rating (DR).Domain rating mengukur berapa banyak backlink berkualitas yang di dapatkan website oleh website tersebut. Semakin tinggi skor yang di dapatkan maka semakin potensial website tersebut untuk di tanami backlink.

Traffic

Selain Domain Rating (DR), kamu juga perlu mempertimbangkan masalah jumlah pengunjung yang di hasilkan oleh sebuah website sebelum kamu menanamkan backlink di sana. Untuk melihat seberapa banyak traffic yang di hasilkan tiap bulan dari sebuah website, kamu juga bisa menggunakan tools Ahrefs. Pastikan website yang akan kamu tanami backlink tersebt memiliki traffic.

Standar Editorial

Selain itu kamu juga perlu memperhatikan standar editorial konten pada website yang ingin kamu tanam backlink. Biasanya yang menghasilkan backlink berkualitas adalah website yang punya standar editorial ketat contohnya seperti website portal berita atau blogger yang kredibel.

Kualitas Outbound Link

Website dengan kualitas backlink bagus biasanya hanya akan memberikan backlink ke website yang berkualitas juga. Oleh sebab itu, kamu juga perlu memperhatikan kualitas outbound link dari website yang akan kamu tanam backlink. Apakah rekam jejak outbound link website tersebut bagus? Apakah website tersebut memberikan outbound link ke website yang berkualitas?.

Terindeks Oleh Google

Terakhir namun yang paling penting adalah website harus terindeks oleh Google. Website yang akan kamu tanami backlink harus terindeks oleh mesin pencari seperti Google dan Bing. Tapi jika website tidak terindeks oleh Google sebaiknya di tinggalkan saja, karena sama saja kamu melakukan hal yang percuma.

Cara mengeek website apakah sudah terindeks oleh Google atau tidak sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengetikkan site:namadomain.com pada mesin pencari, jika tidak muncul apapun maka tinggalkan saja website tersebut.

Kesimpulan

Untuk membangun sebuah website dengan banyak backlink berkualitas di butuhkan waktu yang lama. Perlu kamu ingat sebelum membangu backlink yang berkualitas terlebih dahulu kamu harus membangun pondasi yang kuat, yakni konten. Sebanyak apapun backlink yang kamu dapatkan akan sangat percuma jika pondasi atau konten yang kamu buat sama sekali tidak berkualitas.

Selain itu backlink yang ingin kamu dapatkan juga harus memenuhi kriteria tertentu agar bisa memberikan dampak yang positif ke website kamu. Jadi selalu lakukan riset sebelum menanam backlink dengan menggunakan indikator yang sudah di jelaskan sebelumnya. Dengan begitu backlink yang kamu dapatkan akan memberikan efek positif untuk perkembangan website kamu.

Tinggalkan komentar