Ide Bisnis Bulan Puasa yag Sangat Menjanjikan

Ide Bisnis Bulan Puasa – Entah kenapa di bulan Ramadhan kebanyakan masyarakat Indonesia lebih konsumtif. Mungkin di landasi dari semagat untuk menjadi lebih baik. Sehingga tidak hanya ibadah saja yang lebih baik tapi juga dari segi penampilan. Selain itu bulan puasa juga membawa keberkahan untuk para pelaku usaha.

Karena di bulan puasa ini hampir semua jenis usaha akan mengalami kenaikan omzet, seperti usaha pakaian dan kuliner. Nah, buat kamu yang ingin memulai usaha di bulan Ramadhan maka ada beberapa ide bisnis bulan puasa yang sangat menjanjikan da wajib untuk kamu coba.

Ide Bisnis di Bulan Puasa

Bulan puasa adalah waktu yang sangat tepat untuk memulai usaha, karena di bulan ini jenis usaha seperti kuliner dan pakaian sangat menjanjikan dan mendatangkan omzet yang besar. Di bawah ini sudah ada beberapa peluag bisnis di bulan puasa yang bisa mendatangka omzet besar.

1.Peluang Usaha Jus Buah

Menu buka puasa selalu identik dengan yang segar-segar dan juga dingin. Jus buah bukan hanya memberikan kesegaran dari es namun juga manfaat yang bagus untuk tubuh dari buah-buaha yang segar. Jadi selain menyegarka jus buah juga sagat menyehatkan dan cocok sekali di jadikan menu buka puasa.

Sedangkan dari segi bisnis, jus buah bisa di jadilan peluang usaha di bulan Ramadhan yang sangat menjanjikan. Selain itu modal untuk memulai usaha jus buah ini juga tidak terlalu besar apalagi kamu hanya perlu membuka lapak kecil di depa rumah. Satu hal yang perlu di perhatikan ketika mencoba usaha ini adalah kamu harus menggunakan buah yang segar untuk di jadikan jus.

2.Peluang Usaha ES Buah

Masih berkaita dengan yang segar-segar, satu lagi menu buka puasa yang hampir selalu ada yaitu es buah. Berbeda denga jus buah yang harus di blender, es buah ini kamu hanya perlu memotong buah menjadi dadu. Kamu juga bisa mencampurkannya denga sirum, susu dan tak boleh ketinggalan yaitu es batu.

Penjualan es buah di bulan puasa bisa bisa di bilang mengalami peningkatan hingga 300% bahkan lebih. Maka dari itu jika ingin memulai usaha es buah mulailah dari bulan puasa ini. Sama seperti jus buah, modal yang di butuhka juga tidak terlalu besar serta kamu bisa membuka lapak di depan rumah atau menyewa lapak di pasar Ramadhan yang hanya hadir di bulan puasa.

3.Peluang Usaha Es Kepal Milo

Beberapa tahun lalu es kepal milo ini sempat menjadi treding dan di sukai oleh banyak orang. Meskipun sekarang es kepal milo ini sudah jarang yang menjualnya, namun di bulan puasa ini es kepal milo bisa mengalami kenaikan. Karena seperti yang kita tau bulan puasa orang lebih memilih berbuka dengan yang manis-manis seperti es kepal milo.

Selain itu untuk berjualan es kepal milo ini juga tidak terlalu ribet da tidak membutuhkan banyak peralatan sehingga modal yang di butuhkan juga tergolong kecil. Yang kamu butuhkan untuk membuat es kepal milo adalah susu bubuk milo, susu kental manis dan es batu. Jika perlu kamu juga bisa menambahkan berbagai toping supaya lebih menarik.

4.Peluang Usaha Gorengan

Tak sedikit orang yang meremehkan peluag usaha jualan gorengan ini. Karena memang jika di lihat dari profit atau keuntungan yang di dapatkan terbilang kecil. Namun jika kita coba melihat dari sudut pandang lain dengan menghitung margin profit menggunakan presentase maka keuntugan yang di dapatkan bisa mencapai 30% hingga 40%.

Sementara itu di bulan puasa omset dari bisnis gorengan ini bisa mencapai 300%. Hal itu karena kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai gorengan dan sering menjadikan gorengan sebagai cemilan. Di bulan puasa gorengan juga kerap kali di jadikan sebagai makanan untuk berbuka puasa.

Dengan keuntungan yang cuku besar tentu peluang bisnis di bula puasa ini sangatlah menjanjikan. Apalagi kamu tak perlu strategi pemasaran khusus karena gorengan adalah cemilan yang paling sering di cari oleh masyarakat Indonesia terutama di bulan puasa. Selain itu kamu juga tak butuh modal besar serta lapak yang luas, cukup berjualan di depan rumah saja.

5.Peluang Usaha Jajanan Pasar

Panganan di bulan puasa atau sering di sebut dengan takjil lebih di dominasi dengan kue basah atau jajanan pasar. Sehingga usaha jualan jajanan pasar atau kue basah adalah usaha di bulan Ramadhan yang sangat prospektif. Selain di pasar Ramadhan kamu juga pasti akan menemukan makana sejenis ini di masjid sebagai takjil untuk berbuka puasa bagi para jemaah.

Usaha jajanan pasar ini mengalami kenaikan omset yang sangat besar di bulan puasa hingga 300$. Tapi jika di tekui di bulan lain usaha yang satu ini juga masih bisa menghasilkan omset yang lumayan besar. Beberapa jenis jajanan pasar yang sering di jumpai pada bulan puasa seperti dadar gulung, nagasari, wajik, kue lapis dan banyak lagi lainnya.

6.Peluang Usaha Jajanan Rumahan

Msih seputas bisnis kuliner dan masih seputar makanan kecil yang biasa ada sebagai takjil untuk berbuka puasa. Usaha makanan kecil ini bisa di garap sebagai usaha rumahan yang sangat menjanjikan. Untuk ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk membeli baju lebaran baru bisa mencoba usaha yang satu ini.

Karena kebanyakan kaum hawa gemar memasak dan mencoba berbagai resep makanan dan mengkreasikan resep makanan menjadi makanan baru, maka usaha rumahan ini sangat cocok untuk di coba. Ada banyak resep makanan unik yang bisa di coba seperti dadar gulung coklat, bakpau buah, banana chocolate stick dan masih banyak lainnya. Kamu bisa mencariya sendiri di internet karena ada banyak sekali.

7.Peluang Usaha Es Teler & Siomay

Kembali lagi ke yang segar-segar yaitu es teler. Perbedaan es teler dan es buah terletak pada penambahan bahan lain seperti agar-agar, selasih, cincau, kolang-kaling dan semacamnya. Selain itu jika es buah biasanya hanya menggunakan susu, maka es teler menggunakan santan sehingga rasanya jadi lebih gurih.

Sama seperti es buah, es teler juga mengalami peningkatan daya beli pada bulan puasa. Hal itu karena sehabis puasa yang paling enak adalah minum es sebagai pelepas dahaga. Selain berjualan es teleh, kamu juga bisa menjual makanan lain seperti siomay yang juga sangat laris di bulan puasa. Agar lebih laris kamu bisa mencari tempat strategis seperti di dekat kampus atau kantor.

8.Peluang Usaha Bumbu Masak Instan

Menyiapkan makanan untuk berbuka puasa bukanlah hal yang sulit, namun bagaimana menyiapkan makanan untuk sahur? Tentu akan sulit karena harus bangu tengah malam, belum lagi tak banyak warung yang buka tengah malam. Berbeda sekali denga ketika waktu ingin berbuka puasa, ada banyak sekali pedagang makanan yang membuka lapak di sepanjang jalan.

Tak jarang juga banyak rumah tangga yang sengaja menyiapkan bumbu masak atau makanan di frozen food, sehingga ketika sahur bisa langsung memasak makanan tersebut. Dari sini kamu bisa mengambil sebuah peluang usaha untuk menjual bumbu makanan instan yang siap pakai. Karena pasti tak semua orang bisa membuat berbagai jenis bumbu masakan.

9.Peluang Usaha Jilbab & Baju Muslim

Selain bisnis kuliner, bisnis fashion atau pakaian juga menjadi peluag bisis bulan puasa yang memiliki prospek besar, Hal ini sangat erat kaitannya dengan kebiasaann di Hari Raya Idul Fitri di mana semua orang ingin menjadi pribadi yang baru salah satunya dengan mengenakan pakaian baru.

Dan dari semua jenis pakaian yang paling banyak di buru orang adalah jilbab dan baju muslim. Selain itu bagi para kaum adam sarung juga menjadi salah satu pakaian yang banyak di cari ketika bulan puasa. Biasanya di setiap bulan puasa akan ada pakaian yang trending, jadi kamu bisa memulai menjual pakaian yang sedag trending tersebut.

10.Peluang Usaha Kaos Distro

Kaum muda lebih menyukai menggunakan pakaian yang simpel namun tetap trendi, kaos distro adalah pilihan pakaian terbaik. Tak ada salahnya di bulan Ramadhan menggunakan pakaian yang santai dan casual. Jika kamu adalah anak muda yang kreatif maka kamu pasti akan terpanggil untuk menekui bisnis kaos distro ini.

Di bula puasa ini kamu bisa memulai untuk membuka bisnis kaos distro. Selain di bulan bisnis yang satu ini juga bisa kamu kelola di bulan lain sebagai bisnis utama. Dalam membangun bisnis kaos distro ini di butuhkan kreatifitas untuk mendesain kaos yang sesuai dengan selera anak muda saat ini.

11.Peluang Usaha Butik

Selain baju muslim dan kaos distro, jenis baju lain juga memiliki prospek yang cukup besar. Ada baju batik dan baju modern degan trend terbaru yang juga bayak di buru orang. Ini jugalah yang menjadi salah satu sasaran para pemilik butuk baju. Jika kamu memutuskan untuk menggeluti bisnis butik maka lebih baik fokus pada satu jenis baju saja.

Selain itu bisnis butik ini juga membutuhkan strategi pemasaran agar bisa cepat laku. Kamu bisa mengandalkan sosial media sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis butik kamu. Selain itu kamu juga harus jeli baju apa saja yang sedang trendi dan di minati oleh banyak orang.

12.Peluang Usaha Kue Kering Rumahan

Perayaan lebaran yang datang setelan menjalani puasa selama bulan Ramadhan akan terasa kurang jika tidak ada kue kering. Tradisi silaturahim ke keluarga, kerabat, teman, tetangga dan rekan kerja terasa begitu erat. Sehingg sudah kewajiban kita untuk menyajikan berbagai kue kering untuk para tamu yang berkunjung ke rumah kita.

Kebanyakan para pelaku usaha kue kering rumahan akan gencar melakukan strategi marketing dua minggu sebelum bulan puasa. Di harapkan pada saat bulan puasa semua orderan yang masuk bisa langsung di kerjakan dan di kirim ke rumah konsume. Ya, tentu saja di bulan puasa ini usaha kue kering mengalami kenaikan omset.

Maka dari itulah bagi kamu yang memang suka membuat kue kering dan gemar berkreasi tak ada salahnya untuk membuka usaha kue kering rumahan bersama keluarga. Sebaiknya kamu memulai usaha kue kering ini sebelum bulan puasa, karena jika sudah masuk bulan puasa biasanya harga barang akan mengalami kenaikan harga.

13.Peluang Usaha Parcel Lebaran

Selain tradisi berkunjung ke rumah kerabat. Saling berkirim parcel di hari lebaran juga jadi tradisi masyarakat di Indonesia. Isi parcel juga ada banyak macamnya, sehingga kamu dapat memilih parcel mana yang sesuai untuk orang yang kamu kirimi nantinya. Di lihat dari sini saja, parcel bisa jadi peluang bisnis bulan puasa yang sangat menjanjikan.

Kamu bisa mencoba peruntungan dengan memulai usaha parcel ini. Lebih baik kamu memulainya di saat sebelum masuk ke bulan puasa agar keuntungan yang kamu dapat bisa lebih besar. Selain itu agar pelanggan jadi lebih tertarik membeli parcel milik kamu, kemaslah parcel kamu semenarik mungkin.

14.Peluang Usaha Rental Mobil

Masih berkaitan dengan peluang usaha di bulan Ramadhan, namun kali ini berkaitan dengan tradisi masyarakat Indonesia yaitu mudik. Kebanyakan orang Indonesia mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi atau alat transportasi umum seperti kereta dan bus.

Tapi tak sedikit juga orang yang kehabisan tiket kereta atau bis dan memilih untuk menggunakan rental mobil. Jika kamu punya modal yang cukup besar atau memiliki beberapa mobil yang tidak terpakai ada baiknya kamu membuka rental mobil. Karea biasanya di hari libur seperti lebaran banyak orang yang mencari rental mobil.

15.Peluang Usaha Pet Shop

Memiliki hewan peliharaan yang menggemaskan dapat mengurangi stres karena pekerjaan. Tak jarang juga para pemilih hewan memperlakukan hewan peliharaannya dengan istimewa. Bahkan ada pemilik hewan yang rela mengeluarkan dana lebih hanya untuk hewan peliharaan kesayangannya.

Namun bagaimana jadinya jika hewan peliharaan tidak memungkinkan untuk kita ajak mudik ke luar daerah? Tentu saja pilihan terbaik adalah dengan menitipkan hewan peliharaan ke pihak terpercaya yang bisa merawat hewan kesayangan kita untuk sementara waktu.

Nah, di situlah letak peluang usaha bulan Ramadhan yaitu dengan membuka jasa penitipan hewan atau pet shop. Jika kamu memang suka dengan binatang dan paham bagaimana merawat berbagai jenis hewan yang umum di pelihara oleh orang. Maka tak ada salahnya untuk mencoba membuka pet shop kecil-kecilan namun tetap dengan perawatan dan peralatan yang memadai.

Kesimpulan

Nah, itu tadi adalah beberapa peluang bisnis bulan puasa yang sangat menjanjikan. Semua bisnis di atas sangat berpotensi untuk mengalami peningkatan prospek bahkan dapat menghasilkan omset hingga 300%. Tentu semua peluang bisnis di atas akan terasa percuma jika kamu tidak memulainya dari sekarang.

Selain itu peluang bisis di atas juga masih bisa mendatangkan omset yang cukup besar di bulan lain. Sehingga kamu tak perlu khawatir jika di bulan lain bisnis yang kamu jalani tidak mendapatkan penghasilan. Sejatinya semua peluang bisnis di atas adalah bisnis yang umum kita jumpai, hanya saja di bulan puasa prospeknya mengalami peningkatan berkali-kali lipat.

Tinggalkan komentar